Selamat Datang di Portal Sekolah
  • Wahabita IG

SMAN 1 Playen Menggalakkan Pendidikan Di Era Digital Yang Aman dan Sehat


Infrastruktur TIK di SMAN 1 Playen saat ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sebagai contoh, saat ini sudah memiliki laboratorium komputer dengan 38 unit komputer dan koneksi internet yang cukup besar, yaitu 31 MBps. Seiring dengan membaiknya infrastruktur TIK di SMAN 1 Playen, berbagai program yang mendukung pemanfaatannya mulai digalakkan. 

Sekitar 4 tahun yang lalu, SMAN 1 Playen bergabung dengan program Google Apps for Education yang sekarang berganti nama menjadi Google Suite for Education. Program ini semacam program CSR dari Google yang memberikan akses pada teknologi kolaborasi yang dimilikinya untuk dipakai secara gratis di institusi pendidikan. Wujud implementasinya, saat ini di SMAN 1 Playen sudah menerapkan beberapa sistem informasi yang berjalan di atasnya, misal:
  1. Rapor Online (rapot.sma1playen.sch.id)
  2. PPDB Online (ppdb.sma1playen.sch.id)
  3. Buku Kerja Online (bukukerja.sma1playen.sch.id)
  4. e-Learning (classroom.google.com)
  5. dll
Untuk mendukung iklim pembelajaran digital yang sudah mulai terbentuk, mulai bulan Mei 2017 ini, SMAN 1 Playen yang saat ini dipimpin oleh ibu Siti Zumrotul Arifah, S. Pd., M. Pd, bekerjasama dengan Kakatu School dalam rangka mewujudkan pendidikan di era digital yang aman dan sehat. Sosialisasi implementasinya disampaikan pada acara Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA Kabupaten Gunungkidul di SMAN 1 Playen, hari ini, Jum'at, 19 Mei 2017 di ruang AVA.

Gambar 1: Bapak Topari, ST sedang menjelaskan materi


Gambar 2: Ibu Siti Zumrotul Arifah, S. Pd., M. Pd., Kepala SMAN 1 Playen. Ibu Fadmiyati, M. Pd, Kepala SMAN 2 Playen. dan Bapak Comed Sudarsono, S. Pd, Kepala SMAN 1 Tanjungsari, dalam acara Muska MKKS SMA Kab. Gunungkidul 

Tujuan disosialisasikannya program Pendidikan di Era Digital yang Aman dan Sehat adalah mengajak kepada kepala sekolah SMA di Kabupaten Gunungkidul yang tergabung dalam MKKS SMA Kab. Gunungkidul, untuk turut serta prihatin dan turun tangan langsung dalam rangka menciptakan sekolah berbasis digital yang aman dan sehat. Hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut, bapak Topari, ST selaku guru TIK SMAN 1 Playen.

Dengan demikian, diharapkan kepada masyarakat di sekitar SMAN 1 Playen yang akan mensekolahkan putra-putrinya di SMAN 1 Playen tidak gamang/ragu lagi. 
Share this post :

+ komentar + 2 komentar

Monday, 18 September, 2017

saya lihat program2nya bagus...minat deh pak kesini nyekolahin saudara Obat Apotik

Sunday, 26 July, 2020

Nadiem: Kendala Belajar di Era Digital Bukan Internet

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menampik jika internet menjadi kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di era digital saat ini. Menurutnya sarana prasarana pembelajaran utama di era digital adalah pola pikir.

"Saat kita bicara revolusi industri 4.0 Kita mengeluhkan internet, laptop. Padahal di sini yang Kita butuhkan bagaimana kita meng-upgrade mindset Kita," kata Nadiem dalam webinar Tantangan Mewujudkan Kampus Merdeka, Jumat, 3 Juli 2020.

Menurutnya, sarana prasarana hanyalah penunjang pembelajaran. Namun yang justru rumit adalah mengembangkan manusianya. Nadiem: Kendala Belajar di Era Digital Bukan Internet

Maju terus SMAN 1 Playen
Medcom.id

Post a Comment

Fanpage FB Interaktif

Total Pageviews

Saran

Berita terpopuler

 
Copyright © 2020. SMA N 1 PLAYEN ~ Wahana Bina Wiyata (Wahabita) - All Rights Reserved
Managed by: Tim ICT SMAN 1 Playen