PemilOs 2018: SMA 1 Playen Sukses Torehkan Sejarah Baru Mengadakan Pemilihan Ketua OSIS Berbasis e-Voting




Playen (27/08/2018) – Sejarah baru ditorehkan oleh SMA N 1 Playen, karena telah berhasil menyelenggarakan Pemilihan Ketua OSIS (PemilOs) dengan menggunakan sistem online atau disebut e-Voting. Sistem e-voting yang bisa diakses melalui alamat web pemilos.sma1playen.sch.id ini berhasil mencapai tingkat partisipasi sebesar 92.40%. PemilOs diselenggarakan pada hari Senin, 27 Agustus 2018 dengan memanfaatkan komputer yang ada di laboratorium komputer SMA N 1 Playen. Ide penggunaan e-Voting diinisiasi oleh pengurus OSIS aktif saat ini yang diketuai oleh sdr. Akbar Haryo dari kelas XII MIPA 1. Latarbelakangnya adalah ingin melakukan efisiensi dan efektivitas dalam penyelenggaraan pemilihan ketua OSIS.

Proses e-Voting berjalan setelah masing-masing kandidat melakukan orasi visi dan misi di depan kepala sekolah, bapak/ibu  guru, staf tata usaha beserta seluruh siswa. Pengambilan suara di awali dari Bapak Kepala Sekolah, yaitu Drs. Aji Pramono, M. Pd., kemudian dilanjutkan oleh bapak/ibu guru dan staff tata usaha. Untuk pengambilan suara siswa diatur per kelas, dimulai dari kelas X MIPA 1 s/d XII IPS 4.
Gambar 1: Bapak Drs. Aji Pramono, M. Pd. Mengawali Pemungutan suara di PemilOs 2018.

Gambar 2: Proses Pemungutan Suara di Pemilos 2018.

Sekitar pukul 13:00 WIB, proses pengambilan suara selesai. Hasil e-Voting kemudian disampaikan di depan para saksi-saksi yang terdiri dari perwakilan siswa masing-masing kelas, perwakilan bapak/ibu guru dan pengurus OSIS yang aktif saat ini. Setelah dinyatakan sah, maka sekitar pukul 13:30 WIB hasil akhir e-Voting PemilOS dipublish ke web untuk dipublikasikan secara umum. Berikut hasil akhir PemilOS 2018.

Gambar 3: Hasil Akhir PemilOs 2018.

Setelah penyampaian hasil akhir pemilOs 2018 selesai, semua kandidat melakukan foto bersama sambil mengangkat tangan ke atas sebagai tanda siap memulai amanah sebagai pengurus OSIS masa bakti 2018/2019 di SMA N 1 Playen.

Gambar 4: Selebrasi Ketua OSIS terpilih bersama kandidat lainnya.

Akhir kata, selamat bertugas OSIS Wahabita yang baru. Kami semua, segenap civitas akademika Wahabita menunggu realisasi program kerjanya demi terwujudnya Wahabita jaya.





: