Berkomitmen Kuat Kembangkan TIK Dalam Pembelajaran, SMAN 1 Playen Peroleh Kunjungan

Playen (21/09/2018) - Penggunaan TIK dalam pembelajaran merupakan keniscayaan pada era revolusi industri 4.0 ini. TIK bukan hanya alat pendukung pembelajaran lagi, namun sudah menjadi pondasi dalam pembelajaran masa kini. SMAN 1 Playen merupakan sekolah yang pelan tapi pasti menyadari akan hal tersebut, sehingga selalu mendorong para bapak/ibu gurunya untuk update pengetahuannya tentang bagaimana mengimplementasikan TIK dalam pembelajaran.

Salahsatu guru yang berkomitmen kuat mengimplementasikan TIK dalam pembelajaran adalah bapak Za'im Ghufron, S. Pd.I. Guru muda bertalenta Wahabita (sebutan lain SMAN 1 Playen) yang beberapa waktu lalu ikut dalam rangkaian pemilihan Duta Rumah Belajar dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kemendikbud dan sekarang sedang menempuh pendidikan master bidang Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini mendapatkan kesempatan untuk dikunjungi oleh bapak Drs. H. Abdul Haris Nufika, M.Pd., Kasi PAI pada Pendidikan Menengah Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag DIY.

Gambar 1: Suasana Pembelajaran Berbasis TIK 
Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan monitoring penggunaan TIK dalam proses pembelajaran PAI. Monitoring ini merupakan wujud tindaklanjut keikutsertaan dalam Workhsop pemanfaatan TIK bagi guru-guru PAI SMA/SMK DIY yang diikuti sekitar 50an peserta. Dari 50 peserta yang hadir, dipilih tiga sebagai contoh yang dinilai layak dimonitoring, yaitu SMAN 1 Playen, SMK Teruna Jaya dan SMK 4 Yogyakarta.


Gambar 2: Bapak Za'im Ghufron, S. Pd. I., Sedang Praktik Mengajar Berbasis TIK
Pada kesempatan tersebut, bapak Aji Pramono, M. Pd. selaku kepala sekolah juga menyampaikan terimakasih karena sudah dikunjungi dan memohon kepada bapak Drs. H. Abdul Haris Nufika, M.Pd., Kasi PAI pada Pendidikan Menengah Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag DIY. untuk terus dibina dan didukung dalam hal pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.

Akhir kata, majulah terus untuk pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di SMAN 1 Playen. Jayalah Wahabita.

: