Berbekal 3 (tiga) Inovasi Produk, Tim SMA 1 Playen Ikuti Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (krenovamaskat) 2019

Playen (15/04/2019) - Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenovamaskat) merupakan lomba yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gunungkidul. Tahun 2019 ini merupakan tahun ke-2. Pada tahun 2018, Tim SMA 1 Playen berhasil meraih juara 3, untuk kategori siswa sekolah kelompok dengan inovasi produk "Wingko Berbahan Dasar Singkong (Manihot esculenta)".

Untuk tahun 2019, SMA N 1 Playen mengikuti kembali lomba tersebut dengan menciptakan 3 (tiga) inovasi produk unggulan berbahan dasar lokal, yaitu: Teh Berbahan Dasar Kulit Naga, Dodol Kult Pisang, dan Spagheti Daun Kelor. Presentasi dilakukan di ruang perpustakaan SMA 1 Playen. Dalam sambutannya, perwakilan dari Bappeda menyampaikan bahwa presentasi lomba yang dilaksanakan di ruang perpustakaan menyiratkan bahwa literasi dan inovasi itu tidak dapat dipisahkan.


Perwakilan dari Bappeda Gunungkidul Menyampaikan Sambutan
Didampingi Bapak Drs. Aji Pramono, M. Pd. dan Pembimbing PKWU.

Pelaksanaan presentasi diawali oleh produk Teh Berbahan Dasar Kulit Naga yang disampaikan oleh Vanisa Amila Nanda


Presentasi Produk Teh Berbahan Dasar Kulit Naga

Dilanjutkan oleh penampilan Chika Anastasya Asyanto yang mempresentasikan produk Dodol Kulit Pisang
Presentasi Produk Dodol Kulit Pisang

Presentasi terakhir adalah presentasi Putri Syazabila yang mempresentasikan produk Spagheti Daun Kelor. 
Presentasi Produk Spagheti Daun Kelor
Saat jalannya presentasi, masing-masing kelompok membagi peran. Ada yang bertugas sebagai presenter, operator dan peraga. Jalannya presentasi dimoderatori oleh Toyep Mahmuhana, M. Pd selaku Waka Humas SMA 1 Playen. 

Saat penjurian, salahsatu juri memuji pada manajamen presentasi yang dilakukan oleh masing-masing tim. Ini terbukti dari pembagian peran dari masing-masing anggota agar presentasi produk yang dilakukan dapat berjalan maksimal dan sesuai harapan.


Salahsatu Juri Memuji Manajamenen Presentasi TIm SMA 1 Playen
Semoga dengan partisipasi aktif SMA 1 Playen dalam lomba ini, terwujud produk-produk inovasi berbahan dasar lokal yang unggul dan bernilai tinggi serta meneguhkan SMA 1 Playen sebagai sekolah Berbasis Kewirausahaan.

: