Polisi Pembina Upacara: Langkah Preventif Atasi Kenakalan Remaja

Playen, 23/09/2019 - Dalam rangka melaksanakan program Polisi Pembina Upacara, Kapolsek Playen AKP Muhammad Jusup Tianotak, S. Kep pada upacara bendera hari Senin, 23 September 2019 menjadi pembina upacara di SMAN 1 Playen.


Dalam sambutannya, beliau membacakan amanat dari Kapolda DIY menyampaikan beberapa hal penting kepada civitas akademika SMAN 1 Playen, antara lain:

  1. Upacara merupakan wahana untuk menumbuhkan karakter (character building), seperti disiplin, menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan melalui do'a yang dibaca serta merupakan sarana untuk mewujudkan manusia yang uggul dan berdaya saing tinggi sebagai perwujudan karakter nasional bangsa Indonesia.
  2. Dengan predikat sebagai kota pelajar, sangat dimungkinkan terjadinya akulturasi budaya antara penduduk asli dengan pendatang. Ekses negatif seperti penyalahgunaan narkoba bisa terjadi. oleh karena itu, perlu dukungan dari semua pihak: sekolah, pemerintah, dan generasi mudanya sendiri untuk bisa menahan diri dan ikut dalam memerangi narkoba
  3. Mengingatkan akan pentingnya menguasai teknologi yang bijak. Bijak disini, diartikan bahwa teknologi itu membawa dampak positif sekaligus juga negatif. Jika generasi muda tidak mampu memanfaatkan teknologi dengan bijak, maka efek negatifnya bisa membuat hancur, baik bagi diri sendiri maupun negara. Misal dengan menghindari penyebaran hoax. 
Semoga dengan program Polisi Pembina Upacara, segala bentuk tindakan pelanggaran norma di generasi muda dapat diminimalisir sedari dini. Aamiin.


: