SMA N 1 PLAYEN Menuju Sekolah Aman Bencana





(15/11/2022) Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga DIY bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab Gunungkidul (BPBD) mengadakan kegiatan  Pembekalan dan Pengawasan SPAB Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) sebagai upaya tanggap bencana lingkungan di sekolah di SMA Negeri 1 Playen. 

Bertempat di Aula SMA Negeri 1 Playen, Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga DIY bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab Gunungkidul (BPBD) dan di ikuti oleh Kepala Sekolah, Guru, Staff Karyawan serta perwakilan dari Siswa mengikuti kegiatan tersebut. kegiatan ini akan dilakukan secara estafet melalui beberapa tahap selama satu minggu kedepan. 




Penyelenggaraan program SPAB di SMA Negeri 1 Playen juga merupakan implementasi dari Peraturan Kepala BNPB nomor 4 tahun 2012 tentang Pedoman Penerapan Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana yang kemudian ditindaklanjuti oleh Permendikbud Nomor 33 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana dengan tujuan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) adalah Satuan Pendidikan (SP) yang menerapkan standar sarana dan prasarana serta budaya yang mampu melindungi warga SP dan lingkungan di sekitarnya dari bahaya bencana.


Satuan Pendidikan Aman Bencana yaitu Fasilitas Sekolah Aman, Manajemen Bencana di Sekolah dan Pendidikan Pencegahan dan Pengurangan Risiko Bencana. 

Ada pun terkait tiga pilar utama Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) tersebut terkait dengan Perawatan gedung, Mitigasi non-struktural, Keselamatan terhadap kebakaran, Rencana kesiapsiagaan bencana di tingkat keluarga, Rencana reunifikasi keluarga, Latihan (Simulasi) sekolah, Pendidikan akan keamanan struktural; selanjutnya Konstruksi sebagai peluang pendidikan, Analisis sektor pendidikan,  Kajian risiko multi bahaya dan Kajian dan perencanaan yang berpusat pada anak.

Hal ini dilakukan sebagai upaya menyiapkan sumber daya manusia untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan pada saat sebelum dan setelah terjadi bencana yang dimulai dari tingkat sekolah.

: