Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA TAHUN 2023

DI SMA NEGERI 1 PLAYEN


Pada hari kesaktian Pancasila tahun 2023 , seluruh warga SMA Negeri 1 Playen melaksanakan upacara. Kegiatan upacara tersebut sebagai wujud untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 dan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 02 Oktober 2023. 

Pada kesempatan tersebut ibu Umi Kuswarjati, S.Pd. wakil kepala urusan kurikulum bertindak sebagai pembina upacara. Pada amanat yang disampaikan dijelaskan bahwa setiap warga negara harus mengingat sejarah agar selalu dapat mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya. Begitu juga untuk seluruh siswa SMA Negeri 1 Playen diharapkan agar selalu mengisi kemerdekaan ini dengan mengingat sejarah yang terjadi pada bulan September tahun 1965. Atas kejadian pemberontakan tersebut, maka tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. 

Pada hari ini, 58 tahun yang lalu, terjadi gerakan 30 September yang dilakukan oleh PKI. Gerakan tersebut dikenal dengan G30S/PKI yang menewaskan beberapa Jenderal Angkatan Darat, sehingga mereka ditetapkan sebagai pahlawan revolusi. Kejadian seperti itu merupakan kejadian kelam yang pernah terjadi di Indonesia dan diharapkan jangan sampai terulang kembali. 

Kegiatan upacara yang dilaksanakan juga untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Adapun dokumentasi kegiatan tersebut dapat dilihat di bawah ini.
















: