Tingkatkan Kualitas Pendidikan, SMA Negeri 1 Playen dan Balai Tekkomdik DIY Berkolaborasi dalam Workshop Wordwall



Playen 17 April 2024 - Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran interaktif, SMA Negeri 1 Playen menggandeng Balai Tekkomdik DIY untuk menyelenggarakan workshop pemanfaatan Wordwall. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru dalam membuat konten pembelajaran yang lebih menarik dan efektif.

Apa itu aplikasi Word Wall?    

Salah satu media pembelajaran interaktif yang bisa dimanfaatkan adalah aplikasi Word Wall. Menurut (P.M Sari & Yarza, 2021) Word Wall merupakan salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan sebagai media belajar dan alat penilaian yang dapat menumbuhkan daya tarik bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Aplikasi Word Wall menawarkan beragam pilihan permainan seperti, crossword, quiz, random cards (kartu acak) dan masih banyak lainnya. Selain itu, permainan yang telah dibuat dapat dicetak dalam bentuk PDF, sehingga memudahkan bagi peserta didik yang mempunyai kendala pada jaringan. Aplikasi ini dapat ditemui di browser, sehingga mudah bagi seorang pendidik untuk mengakses dan mengunakannya. Dalam laman Word Wall  tersedia contoh-contoh yang bervariasi, dan hasil dari setiap kreasi dapat dimanfaatkan oleh pengguna Word Wall yang baru untuk mencoba menggunakan. Hal tersebut menjadi sebuah kemudahan bagi pengguna baru Word Wall dalam memanfaatkan media ini dengan kreatif untuk mendukung pembelajaran. Hal penting lainnya adalah Word Wall mampu menciptakan pembelajaran yang melibatkan interaksi seorang pendidik dengan peserta didik.




Balai Tekkomdik DIY, yang dikenal dengan dedikasinya dalam pengembangan dan produksi media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), memberikan dukungan penuh dalam kegiatan ini. Workshop ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam transformasi digital di bidang pendidikan di Yogyakarta.

Workshop ini dihadiri oleh para pendidik dan tenaga kependidikan dari SMA Negeri 1 Playen. Acara dimulai dengan sambutan dari kepala sekolah yang menekankan pentingnya inovasi dalam proses belajar mengajar. dan dilanjutkan dengan materi dari Bp. Oki pambudi,S.Pd,M.Pd, sebagai salah satu narasumber dari Balai Tekkomdik DIY, memberikan ikrar Syawalan yang menandai komitmen bersama untuk terus belajar dan berkembang.



Selama workshop, para peserta diberikan peluang untuk mempelajari berbagai fitur Wordwall dan bagaimana mengintegrasikannya ke dalam kurikulum sekolah. Mereka juga berkesempatan untuk praktik langsung dalam membuat aktivitas pembelajaran yang interaktif.


 

: