SMA Negeri 1 Playen Gelar Simulasi Gempa Bumi dalam Rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024

 



Playen, 26 April 2024 – Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024, SMA Negeri 1 Playen mengadakan simulasi penanganan gempa bumi. Kegiatan ini melibatkan siswa, guru, dan karyawan dengan tema SIAP UNTUK SELAMAT dan sub tema “Tanggap, Tanggon, Trengginas Ngadhepi Bebaya” yang berarti “Siap, Tangguh, dan Cekatan dalam Menghadapi Bahaya”. Seluruh peserta terlibat dengan antusiasme tinggi untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi bencana, khususnya gempa bumi.



Simulasi yang dilaksanakan hari ini melibatkan berbagai skenario, mulai dari gempa awal, proses evakuasi, hingga penanganan korban. Peserta diajarkan cara-cara praktis dan efektif untuk melindungi diri dan membantu orang lain saat terjadi gempa.Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Playen, Bapak Aqsan Wibowo,S.Pd mengatakan, “Tentunya kami sangat berkomitmen untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman, dengan harapan melalui simulasi ini, kami ingin memastikan bahwa setiap individu di sekolah kami memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bertindak cepat dan tepat saat bencana terjadi.”




Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran untuk seluruh warga sekolah SMA Negeri 1 Playen dan diharapkan selalu untuk turut aktif dalam upaya kesiapsiagaan bencana, karena kesiapsiagaan bencana adalah bagian penting dari kurikulum sekolah.

: