GILIRAN SMA NEGERI 1 PLAYEN IKUT BERDONASI UNTUK ROHINGYA



Gunungkidul – Lazismu. Setelah pembukaan posko peduli Rohingya pada tanggal 08 September 2017, donasi dari para donatur terus mengalir. Pada tahap I atau pada sampai tanggal 20 September 2017 setelah dilakukan pengecekan ulang oleh semua pengurus, donasi masuk sebesar Rp. 148.505.000,-.
Peduli kemanusiaan terus dibuka di Lazismu Gunungkidul. Setelah penutupan tahap II pada tanggal 24 September, masih ada donasi masuk. Sekarang giliran siswa-siswi SMA Negeri 1 Playen berusaha mengumpulkan donasi yang bersumber dari siswa-siswi SMA Negeri 1 Playen sendiri. Usaha siswa-siswi SMA Negeri 1 Playen yang dimotori oleh Ibu Ika Riyandari, S.Pd. selaku guru Agama Islam dan tim Rohis (organisasi siswa untuk kegiatan keagamaan) berhasil mengumpulkan dana Rp. 1.000.000,-.
“Alhamdulillah donasi dari siswa-siswi SMA Negeri 1 Playen untuk kaum Rohingya dapat terkumpul sejumlah Rp. 1.000.000,-. Infak yang diperuntukkan untuk donasi tersebut dapat dibilang terbesar dalam infak tiap jumat. Di SMA Negeri 1 Playen, setiap jumat anak-anak dilatih untuk berinfak dan dapat terkumpul Rp 300.000  per minggu. Kadang-kadang juga lebih dari itu. Infak tersebut kami gunakan untuk kegiatan keagamaan dan mengurusi mushola dari beli buku maupun laundry mukena.” kata ibu Ika Riyandari, S.Pd. selaku guru agama Islam di SMA Negeri 1 Playen.
Dari keterangan salah satu guru yang tidak dapat disebut namannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dan didorong karena untuk melatih karakter sosial siswa. Hal tersebut juga untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan Pendidikan Karakter di sekolah. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan karakter sosial khususnya rasa kepedulian terhadap sesama. Walaupun secara geografis dan ekonomis para siswa SMA Negeri 1 Playen itu kebanyakan dari keluarga kurang mampu, tetapi pada saat penggalangan dana untuk kaum Rohingya kepedulian siswa meningkat 300% dari biasanya. Hal ini menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 1 Playen dalam hal karakter sosial sudah meningkat. Harapan ke depan semoga para siswa setelah lulus dari SMA Negeri 1 Playen memiliki karakter sosial yang lebih baik dan meningkat daripada sebelumnya.
Dari Tim Lazismu Gunungkidul mengucapkan banyak terima kasih kepada para siswa SMA Negeri 1 Playen yang telah ikut berpartisipasi untuk penggalangan dana peduli kemanusiaan khususnya untuk kaum Rohingya. “Kami berterimakasih kepada para siswa SMA Negeri 1 Playen dan seluruh warga civitas SMA Negeri 1 Playen yang telah berusaha untuk ikut andil dalam penggalangan dana peduli kemanusiaan khususnya untuk kaum Rohingya. Kami juga berterimakasih karena telah mempercayakan kepada kami dalam hal penyaluran bantuan kepada saudara kita kaum Rohingya. Nantinya bantuan ini akan diserahkan langsung kepada mereka (kaum Rohingya) oleh tim Lazismu Pusat dan MDMC Pusat.” kata Hendi Widyatmoko selaku sekretaris Lazismu Gunungkidul.

Lazismu Gunungkidul juga berharap semoga para siswa SMA Negeri 1 Playen tidak hanya peduli terhadap saudara kita yang sedang mengalami krisis kemanusiaan yang gencar diberitakan di televisi. Rasa kepedulian diharapkan diwujudkan dengan peduli kepada keluarga, kepada tetangga, maupun masyarakat di sekitar kita yang sedang membutuhkan bantuan. Walaupun tidak diberitakan di televisi, akan tetapi alangkah baiknya jika rasa kepedulian kita wujudkan terus kepada orang yang sedang membutuhkan.


Sumber : lazismugk.blogspot.com

Comments

  1. I have bookmarked your website because this site contains valuable information in it. I am really happy with articles quality and presentation. Thanks a lot for keeping great stuff. I am very much thankful for this site. Panda7w7 Official
    https://panda7w7official.blogspot.com
    https://panda7w7official.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment