LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SMA NEGERI 1 PLAYEN



Latihan Dasar Kepemimpinan  adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya diberikan oleh Pengurus OSIS lama kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas. Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS dari sekolah yang bersangkutan.

Latihan Dasar Kepemimpinan biasanya diberikan dalam 2 bagian yaitu, Latihan Dasar Kepemimpinan Fisik dan Latihan Dasar Kepemimpinan Mental. pemberian dua materi ini biasanya diberikan di waktu dan tempat yang berbeda. Untuk Latihan Dasar Kepemimpinan Mental, yang menjadi pemberi materi bukanlah lagi para Pengurus OSIS lama melainkan Dewan  Guru, Pembina  OSIS, Kepala Sekolah serta Guru Psikologi dan Konseling dari sekolah yang bersangkutan, atau bisa juga dengan cara menyewa dari suatu Lembaga Psikologi Independen. Latihan Dasar Kepemimpinan Fisik biasanya diberikan di sekolah dalam waktu 3-5 Hari






Pada  tanggal 15-17 september 2017, SMA Negeri 1 Playenmengadakan latihan dasar kepemimpinan siswa bagi calon pengurus OSIS 2017. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala SMA NEGERI 1 PLAYEN , Siti Zumrotul Arifah, S.Pd., M.Pd. serta bapak Ibu Guru yang tergabung dalam Kepanitiaan dan Waka Urusan Kesiswaan serta diikuti oleh calon Pengurus OSIS. Program ini adalah program tahunan yang wajib diikuti oleh Pengurus OSIS. Karena dengan kegiatan ini diharapkan tumbuh kesadaran dan kemandirian siswa terkait berbagai hal selama menjadi seorang pelajar. Tidak bisa dipungkiri masih banyak siswa yang selalu bergantung pada orang tuanya mulai dari hal terkecil hingga hal-hal yang sebetulnya bisa dipersiapkan sendiri. Lama-kelamaan ketergantungan ini akan menjadi penyakit yang sulit untuk dihilangkan. Bagi siswa dari kalangan menengah kebawah  kemandiriaan adalah hal mutlak.



Dalam kegiatan  ini para panitia bermaksud memberikan shock therapy kepada para siswa. Selain diberikan bekal materi yang paling menarik adalah praktiknya di lapangan. Apakah jiwa kepemimpinannya muncul atau tidak ketika diberikan beberapa kasus kecil. Sehingga setiap kesalahan yang dilakukan oleh para siswa pasti akan selalu di permasalahkan oleh panitia.
Hal ini dilakukan tentu saja bukan tanpa alasan. Panitia ingin melihat sejauh mana daya kritis dan cara berpikir siswa ketika berada dalam tekanan. Menjadi seorang pemimpin tentu saja harus tegas, tangkas dan mampu mengambil segala resiko dalam situasi terdesak sekalipun.

Untuk Latihan Dasar Kepemimpinan Fisik pada umumnya, materi yang diberikan secara garis besar ialah dalam bentuk PBB / Pelatihan Baris Berbaris dan Tata Upacara yang dipandu oleh Koramil Susukan. Kegiatan lainya diantaranya : Kepemimpinan, Keorganisasian, Olah Raga, Renungan Malam dan Tahajud.

Dalam Latihan Dasar Kepemimpinan Fisik ini peserta dituntut untuk memiliki kedisiplinan yang tinggi, terlebih selama diikuti selama 3 hari . Beberapa peraturan yang pada umumnya diterapkan dalam Latihan Dasar Kepemimpinan ialah :

•   Selama pelaksanaan, peserta harus hadir di tempat kegiatan dengan tepat waktu,
•   Kebersamaan ialah hal yang amat diperhatikan selama pelaksanaan,
•   Setiap peserta wajib mematuhi seluruh peraturan dan perintah yang diberikan oleh tim pemateri.
• Kebersamaan juga diterapkan apabila ada salah satu peserta yang melakukan kesalahan

Untuk Latihan Dasar Kepemimpinan Mental pada umumnya, materi yang diberikan secara garis besar ialah dalam bentuk Penyuluhan Mental Kepemimpinan. Kegiatan yang biasa dilakukan dalam kegiatan adalah :

Outbond / Kegiatan Alam, seperti :
• Hiking
 
Rangkaian Kegiatan ini ditutup dengan acara Makrab yang sekaligus mengakhiri kegiatan untuk Tahun ini, acara yang digelar di lingkungan sekolah tersebut juga dihadiri oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Playen dan Bapak. Drs.Harjono selaku wakil kepala sekolah bagian Kesiswaan yang juga berkenan menutup rangkaian acara Latihan Dasar Kepemimpinan  SMA Negeri 1 Playen Tahun ini.

: