MELATIH JIWA WIRAUSAHA MELALUI BUDIDAYA TANAMAN



Budidaya tanaman sayuran di SMA negeri 1 Playen juga bisa melatih jiwa kewirausahaan siswa dan siswi SMA Negeri 1 Playen.

Di zaman yang serba moderen dan berkurangnya minat siswa untuk bertanam apalagi mengenal lingkungan melalui media tanaman. Mengajarkan siswa untuk bisa berwirausaha akan menjadikan mereka bukanlah hanya penerima sebagai buruh saja. Menciptakan lapangan usaha sendiri dengan modal secukupnya namun tekad yang kuat untuk menjadi seorang wirausahawan akan mendorong segala kemajuan dalam diri. 

Melatih siswa untuk belajar berwirausaha bisa dilakukan secara tidak langsung. Misalnya kegiatan penghijauan di sekolah diselipkan dengan kegiatan kewirausahaan. Dengan kegiatan secara tidak langsung tersebut, maka siswa akan melakukan dua kegiatan secara tidak langsung pula, sehinagga kegiatan pembelajaran bisa dilakukan dengan mengalir dan tidak kaku. 

Siwa Kelas XI Di Kebun Budidaya Tanaman SMA N 1 Playen

Budi daya tanaman sayuran

Memilih Tanaman sayuran merupakan jenis tanaman yang mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan yang sulit. Jenis tanaman ini pun merupakan komuditi makanan yang paling sering kita konsumsi. Sayuran kaya akan serta dan vitamin bagi tubuh. Tidak hanya itu, tanaman sayuran pun bisa dijadikan sebagai wahana untuk menghijaukan sekolah. Dengan penataan yang baik dan perawatan yang rutin maka tanaman sayuran mampu mengiasi sekolah sehingga mempercantik penampilan sekolah. Disamping itu juga, tanaman sayuran yang ditanam di sekolah bila digeluti dengan baik oleh siswa dibawah pembinaan guru pembimbing akan menjadi peluang bisnis bagi sekolah dan siswa tersebut. Jenis tanaman sayuran yang bisa Anda coba untuk tanam di sekolah misalnya tomat, cabe, terong dan beberapa tanaman sayur lainya. Tidak ada salahnya untuk mencoba hal yang baru. Mungkin kelihatannya begitu aneh menanam sayuran di sekolah. Tetapi dengan cara demikian kita akan bisa membelajarkan ank akan arti kebesihan, kerja keras, dan kewirausahan. 



Comments

  1. Tips Sukses Budidaya Perikanan ternyata Ada pada Satu Hal Ini
    Beberapa kali kita mendengar kematian massal ikan budidaya di keramba budidaya, dan salah satu penyebab utamanya adalah karena kekurangan suplai oksigen... Baca Selengkapnya

    ReplyDelete

Post a Comment